October 1, 2019

Puan Maharani Pastikan DPR Akan Fokus Pada UU Prioritas

Ketua DPR RI Puan Maharani mengatakan bahwa DPR dalam lima tahun kedepan tidak akan banyak membuat UU. DPR dibawah kepemimpinannya akan lebih fokus pada RUU prioritas yang telah disepakati dengan eksekutif.

Dengan begitu, menurutnya kinerja DPR diharapkan akan lebih efektif.

"Harapan saya DPR nantinya tidak perlu membuat produk UU yang terlalu banyak, akan tetapi kami pilih mana yang menjadi prioritas dan itu akan jadi fokus dari DPR sehingga dapat bermanfaat untuk bangsa dan negara," kata Puan di Kompleks Parlemen.

Puan Maharani Pastikan DPR Akan Fokus Pada UU Prioritas

Mantan Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan ini menjelaskan bahwa DPR periode sebelumnya telah menunda pengesahan delapan RUU yaitu RUU Pertanahan, RUU Pemasyarakatan, RKUHP, RUU Koperasi, RUU Ketenagakerjaan, RUU PKS, RUU Minerba dan RUU Pengawasan Obat dan Makanan.

Menurutnya, UU tersebut akan dijadikan prioritas dengan mekanisme dan tata tertib yang akan dibuat.

"Sudah ada delapan UU yang kemarin dalam periode sebelumnya yang kemudian akan ditunda. Tentu saja ini akan menjadi pembahasan prolegnas dalam DPR periode lima tahun kedepan. Akan tetapi, tentu saja mekanisme dan tata cara akan kita lakukan setelah tata tertib yang akan datang disusun," jelasnya.

Selanjutnya, Puan mengatakan bahwa dirinya bersama empat pimpinan lainnya akan melakukan kajian terlebih dahulu dengan RUU yang ditunda. Setelah itu, pihaknya akan menyiapkan tata tertib untuk dapat melanjutkan pembahasan.

"Saya akan melihat dulu karena pimpinan untuk lima tahun ke depan baru dilantik. Saya akan melihat terlebih dahulu bagaimana hasil dari pelaksanaan UU yang kemudian ditunda itu. Apakah akan kita bahas dalam tata tertib yang bagaimana," jelasnya.