October 28, 2019

Jaksa Agung Burhanuddin Siap Segera Laksanakan Eksekusi Mati

Jaksa Agung, ST Burhanuddin memastikan bahwa pihaknya siap untuk melaksanakan eksekusi mati terhadap para terpidana mati yang kasusnya telah memiliki kekuatan hukum tetap.

"Ada beberapa perkara yang belum berkekuatan hukum tetap. Pasti kita akan eksekusi," kata Burhanuddin. Ia mengatakan bahwa sebelum melakukan ekseskusi, pihaknya akan mempelajari berkas perkara para terpidana.

"Pasti iya. Kita telah inventarisir semuanya, kalau ada yang bisa ditindaklanjuti akan kami sampaikan. Beri kami waktu juga," jelasnya.

Menurut Burhanuddin, penelitian berkas perkara para terpidana mati penting karena untuk memastikan tidak ada kesalahan ketika melaksanakan eksekusi mati.

Jaksa Agung Burhanuddin Siap Segera Laksanakan Eksekusi Mati

"Kalau suatu saat ada perubahan kan sudah terlanjut dihukum mati, itu yang kita hindari," jelasnya.

Sementara, Plt Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Umum, Ali Mukartono mengungkapkan bahwa pihaknya belum memastikan kapan eksekusi akan dilakukan.

"Sebagian masih ada proses hukum masih berproses karena ada putusan MA bahwa PK dapat dilakukan lebih dari sekali. Kita harus berikan haknya tersebut," jelasnya.

Sebelumnya, penunjukan ST Burhanuddin sebagai Jaksa Agung untuk periode 2019-2024 sempat menuai polemik karena Burhanuddin merupakan adik dari politisi PDI-P, TB Hasanuddin sehingga dianggap Burhanuddin adalah orang yang didorong oleh PDI-P. Akan tetapi, Presiden Jokowi menjamin bahwa Burhanuddin akan tetap profesional dengan jabatan yang dipangkunya.

"Kenapa saya pilih Pak Burhanuddin sebagai Jaksa Agung. Pertama saya melihat beliau merupakan seorang birokrat karir. Orang internal yang memahami hal yang berkaitan dengan internal Kejaksaan," kata Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut menjelaskan bahwa dirinya telah beberapa kali bebicara dengan Burhanuddin. Dari pembicaraan tersebut, Jokowi terkesan dengan penjelasan Burhanuddin terkait pembenahan Kejaksaan hingga pencegahan korupsi.

"Pak Jaksa Agung bertemu dengan saya menjelaskan hal yang berkaitan dengan proses perbaikan internal di Kejaksaan dan juga pencegahan korupsi. Itu yang membuat saya tertarik," jelasnya.

Dirinya menilai merupakan suatu hal yang berlebihan jika penunjukkan Burhanuddin ini dikaitkan dengan TB Hasanuddin yang merupakan politisi PDI-P sekaligus anggota DPR 2019-2024 dan Ketua DPD PDI-P Jawa Barat. Selain profesional, Jokowi mengaku bahwa dirinya terpesona dengan penampilan ST Burhanuddin.

"Saya menjamin bahwa Jaksa Agung itu akan profesional. Saya melihat penampilannya itu bagus, tegas dan lembut," lanjut Jokowi.