October 17, 2019

Ini Tanggapan Ketua KPK Setelah UU KPK Yang Baru Berlaku

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi, Agus Rahardjo memastikan bahwa lembaga yang dia pimpin akan tetap bekerja seperti biasa walaupun revisi UU KPK Nomor 30 Tahun 2002 akan mulai berlaku pada Kamis, 17 Oktober 2019.

"Kita semua mengetahui bahwa dalam beberapa menit lagi revisi UU KPK sesuai dengan peraturan perundangan yang baru akan mulai berlaku," kata Agus di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan.

Ini Tanggapan Ketua KPK Setelah UU KPK Yang Baru Berlaku

Walaupun dalam UU KPK yang direvisi tersebut diduga terdapat pelemahan terhadap lembaga antirasuah tersebut, Agus memastikan bahwa tidak akan ada perubahan dalam kinerja KPK termasuk penindakan.

"Kami tekankan bahwa terdapat dua pekerjaan di KPK yang tidak akan berubah. Misalnya besok pada penyelidikan yang perlu dilakukan, ada OTT, ya tetap akan dilakukan," kata Agus.

Walaupun demikian, Agus tetap berharap Presiden Joko Widodo alias Jokowi dapat mempertimbangkan kembali penerbitan Perpu setelah dilantik pada 20 Oktober 2019 mendatang.

"Lalu kedua kami masih memohon setelah Presiden Jokowi kembali dilantik dapat mempertimbangkan kembali opsi mengeluarkan Perppu yang sangat diharapkan tersebut," kata Agus.