August 5, 2019

Vinales Mengakui Bahwa Motornya Tidak Tampil Maksimal Di Lintasan Lembab

Pembalap tim Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales mengalami kesulitan ketika menjalani balapan MotoGP Republik Ceska 2019.

Maverick Vinales harus mengakhiri tren positifnya yang dia peroleh pada 2 balapan sebelumnya ketika beraksi di Automotodrom Brno, Republik Ceska.

Sempat tambil baik di sepanjang sesi latihan bebas, pembalap dengan julukan Top Gun tersebut mengalami penurunan performa yang cukup tajam ketika menjalani kualifikasi.

Rekan satu tim Valentino Rossi di tim utama Yamaha tersebut tampil tidak menyakinkan dengan hanya berhasil finish di posisi kesembilan pada kualifikasi MotoGP Ceska 2019.

Vinales Mengakui Bahwa Motornya Tidak Tampil Maksimal Di Lintasan Lembab

Kondisi trek Automotodrom Brno yang lembab disinyalir menjadi alasan mengapa Vinales tidak mampu tampil maksimal dengan tunggangannya tersebut. Dirinya terlihat kedodoran dan sempat tercecer hingga urutan ke-13 pada awal MotoGP Ceska 2019.

Kesulitan Vinales terus berlanjut ketika dirinya harus menghabiskan 7 putaran untuk hanya dapat melewati pembalap Pramac Racing yaitu Francesco Bagnaia.

"saya membutuhkan 7 putaran untuk hanya dapat melewati Bagnaia yang melaju satu setengah detik lebih lambat dari saya," ungkap Vinales.

Rider berusia 24 tahun tersebut menyoroti kinerja dari motornya yang tidak maksimal karena tidak memiliki daya cengkram yang mumpuni ketika melaju di lintasan yang lembab.

"Ini terjadi dengan Yamaha dan memang ketika berada di lintasan lembab, kinerjanya tidak akan maksimal terutama pada daya cenkeram," lanjutnya.

"Jika balapan tersebut hujan dan setelah hujan selesai dan lintasan mengering maka motor kami akan semakin buruk dan kami bisa kehilangan segalanya," lanjut Vinales.

Vinales sendiri mearasa gagal karena tidak dapat mengatasi kelemahan tersebut terutama ketika melaju di tikungan yang masih lembab.

"Saya gagal mengatasinya karena kekurangan traksi sehingga motor tidak dapat mencapai top speed yang dibutuhkan. saya tidak dapat melewati setiap tikungan dengan kecepatan maksimal dari motor saya," kata Vinales.

"Jika lintasan tidak mengering pada beberapa tempat di lintasan, saya pikir hasilnya akan sedikit berbeda," tutup Vinales.

Setelah balapan MotoGP Ceska 2019, Vinales masih berada di posisi kelima dengan mengumpulkan 91 poin.