August 11, 2019

Polisi Menemukan Bahwa Pembakaran Di Gunung Guntur Disengaja

Pihak Kepolisian Sektor Tarogong Kaler menjelaskan bahwa kebakaran hutan yang melanda Gunung Guntur, Kabupaten Garut karena disebabkan oleh ulah manusia.

"Betul sekali, kebakaran tersebut karena ulah dari manusia yang kemungkinan untuk membuka lahan di daerah Gunung Guntur dengan tujuan dijadikan lahan pertanian," kata Kepala Polsek Tarogong Kaler Ipda Asep Saepudin.

Dirinya menyebutkan bahwa aparat dengan turun ke kawasan hutan untuk menyelidiki penyebab terjadinya kebakaran hutan tersebut.

Polisi Menemukan Bahwa Pembakaran Di Gunung Guntur Disengaja

Hasil penelusuran tersebut menemukan bahwa kebakaran disebabkan oleh sekelompok orang yang dimana membakar alang-alang yang tumbuh kering di sekitar kawasan Gunung Guntur.

"Ini sebenarnya adalah ulah dari pemilik lahan yang membuka lahan dengan cara membakar. Api tersebut lalu membesar dan merembet ke tumbuhan alang-alang," jelas Asep.

Polisi beserta pihak terkait telah melakukan pendakian ke gunung dan menemukan adanya sekelompok warga ygn tengah membuka lahan di Blok Citiis. Lokasi tersebut tepat berada antara perbatasan Gunung Guntur dan Gunung Masigit.

Lebih lanjut, juga ditemukan pembukaan lahan di perbatasan antara Gunung Guntur dan Gunung Putri yang berada di Kecamatan Tarogong Kaler.

"Saat ini kami memperingatkan warga untuk tidak membakar tanaman mereka untuk membuka lahan tersebut agar dapat ditanami karena mereka dapat dikenakan tindak pidana," ucapnya.