August 21, 2019

Muhaimin Akan Rombak Struktur Partai PKB Termasuk Salah Satu Menghapus Posisi Sekjen

Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar disebutkan akan merombak struktur kepengurusan partainya tersebut pada periode 2019-2024. Salah satunya adalah melakukan kebijakan kontrovesial dengan menghapus posisi Sekjen.

Cak Imin mengatakan bahwa penghapusan posisi orang nomor kedua di partainya tersebut telah disuarakan oleh para kader selama Muktamar V PKB.

"Ada aspirasi supaya partai itu lebih ramping dan diminta untuk menghapus posisi Sekjen. Yang ada itu direktur eksekutif. Itu aspirasinya disitu. Selama ini Sekjen itu bersifat politis sehingga timbul banyak masalah. Nanti politisnya di ambil alih oleh Ketum," kata Cak Imin yang telah memimpin partai yang identik dengan NU itu lebih dari 1 dekade.

Muhaimin Akan Rombak Struktur Partai PKB Termasuk Salah Satu Menghapus Posisi Sekjen

Muhaimin mengharapkan kedepannya siapa saja yang duduk di posisi Sekjen dapat lebih fokus pada tugas pokoknya yaitu tugas kepartaian. Dirinya berharap bahwa Sekjen tidak terlalu terlibat dalam politik praktis sehingga dapat menjalankan roda kepengurusan partai lebih optimal.

"Ini sangat penting karena istilahnya partai itu membutuhkan kecepatan. Yang paling lemah dari partai ini adlaah karena semua posisi itu dijadikan posisi untuk politik praktis," lanjut Cak Imin.
Seperti yang diketahui, Muhaimin kembali didapuk sebagai Ketua Umum PKB untuk periode 5 tahun mendatang melalui forum Muktamar V PKB yang diselenggarakan di International Convention Centre Westin Resort, Badung, Bali.

Muhaimin terpilih kembali secara aklamasi. Hal tersebut diputuskan setelah laporan pertanggungjawabnnya diterima oleh peserta Muktamar dan pada peserta memintanya untuk kembali melanjutkan kepemimpinan selama 5 tahun kedepan.

Walaupun menerima amanah tersebut, Cak Imin mengatakan bahwa tantangan bagi PKB akan semakin berat.

"Dengan memahami sepenuhnya amanah yang begitu besar dan dengan memahami secara nyata tantangan dan masa depan perjuangan PKB dengan diiringi oleh semangat yang luar biasa dari para pengurus terutama para ketua DPW se-Indoensia, saya bisa memehami sepenuhnya harapan tersebut," kata Muhaimin.

"Dengan niat ibadah, pengadian di mata Allah SWT, disertai niat pengabdian total kepada merah putih dan NKRI, saya mengucapkan bismillahirrahmanirrahim. Saya bersedia memimpin kembali PKB 5 tahun kedepan. Semoga Allah memberikan kekuatan kepada saya dan kita semua," sambungnya.