July 21, 2019

Sebuah Kapal Motor Dengan 25 Penumpang Karam Di Perairan Ketapang

Belum selesai pencairan awak dari Tug Boat Mega 09 yang hilang, Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Pontianak mendapatkan laporan bahwa terdapat Kapal Layar Motor yang kalam. Kapal tersebut adalah KLM Arta Jaya yang membawa 25 penumpang diwilayah perairan Tanjung Sambar, Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat.

Kepala Kantor Pencarian dan Petolongan Pontianak Hery Marantika menjelaskan bahwa kapal yang disinyalir karam tersebut berasal dari Madura dengan tujuan Pontianak dan dilaporkan karam pada Sabtu dini hari pukul 01.50 WIB.

Sebuah Kapal Motor Dengan 25 Penumpang Karam Di Perairan Ketapang

"Kami telah menurunkan tim penyelamat 1 pada pukul 23.25 WIB. Pada hari ini sekitar 07.00 WIB, juga telah dikirim tim penyelamat 2 untuk membantu. Karena lokasi yang cukup jauh, tim 1 akan tiba sekitar jam 03.25 WIB sedangkan tim 2 akan tiba pada pukul 16.00 WIB," jelas Hery Marantika.

Tim yang yang dikirim tersebut meliputi anggota Basarnas, TNI AL, Polair, Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan. Tim akan bekerjasama dengan agen kapal untuk melakukan pencarian secara paralel dengan area pencarian sekitar 208 mil laut.

"Track spacing satu NM menggunakan satu unitk RIB Pos SAR Ketapang, dua unit kapal motor air nelayan serta satu unit Kapal KM Lintas 18 yang dibagi menjadi tiga lokasi pencarian yang berbeda. Pencarian akan dilakukan dengan menyisir wilayah perairan Tanjung Sambar, Kabupaten Ketapang," jelasnya.

Heri mengatakan bahwa sebanyak 23 dari 25 penumpang telah berhasil dievakuasi sedangkan sisanya masih dalam pencarian.

Sementara itu, pencarian 4 awak Tug Boat Mega 09 telah memasuki hari keenam. Pencarian dilanjutkan oleh tim SAR dengan melakukan penyelaman serta penyisirsan daerah sekitar tenggelamnya kapal.