July 27, 2019

Ini Pesan Jokowi Untuk Gibran Dan Kaesang Jika Terjun Ke Politik

Presiden Joko Widodo mengaku senang bahwa putranya Gibran Rakabuming masuk kedalam bursa calon wali kota pada Pilwakot Surakarta. Menurutnya, baik Gibran dan Kaesang telah dewasa dan mandiri sehingga dapat memutuskannya sendiri.

"Saya sebagai orang tua ya senang saja. Saya serahkan kepada mereka berdua. Orangtua kan harus seperti itu," kata Jokowi.

Putra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka menyampaikan bahwa di keluarganya memiliki tradisi yang sangat demokratis. Bahkan, kedua orangtuanya memberikan kebebasan sepenuhnya kepada anak-anaknya dalam menentukan pilihan mereka.

"Dari dulu prinsipnya itu saya harus mandiri. Jadi kalau jadi pengusaha itu harus mandiri begitu pun kalau jadi politikus, harus jadi politikus yang mandiri juga. Bapak tidak memaksakan apapun dan tidak pernah mengarahkan harus seperti ini, harus ke sini, harus ke sana. Semuanya bebas yang penting mandiri," jelasnya.

Ini Pesan Jokowi Untuk Gibran Dan Kaesang Jika Terjun Ke Politik

Ketika disinggung mengenai peluangnya untuk terjun ke dunia politik, Gibran justru menyampaikan bahwa dirinya tengah sibuk untuk mengurus bisnis yang dimilikinya.

"Kalau teman media lihat di sosial media saya seperti Instagram dan Twitter, baik saya dan Kaesang masih melakukan semua aktivitas seperti biasa," lanjutnya.

"Jadi, masihlah fokus ke bisnis. Masih memiliki target bisnis yang mau dikejar. Tapi intinya itu tadi, kalau jadi pengusaha ya harus pengusaha yang mandiri begitupun kalau mau jadi politikus," tegas Gibran.

Gibran mengaku bahwa dirinya mengapresiasi hasil survei dari Laboratorium Kebijakan Publik Universitas Slamet Riyadi Surakarta yang memunculkan namanya dalam bursa calon wali kota untuk Pilwakot Surakarta 2020-2025.

"Kemarin saya sudah baca di media mengenai surveinya dan saya mengapresiasi baik lembaganya sekaligus aspirasi publik. Terima kasih untuk warga Solo yang memberikan penilaian yang baik dan positif untuk saya," ungkap Gibran.

Sebelumnya, Laboratorium Kebijakan Publik Universitas Slamet Riyadi merilis survei yang dilakukan di 96 titik di Surakarta untuk mengetahui kandidat potensial pada Pilwalkot Surakarta 2020-2025. Survei tersebut menguji tiga kategori yaitu popularitas, akseptabilitas dan elektabilitas.

Dari kategori popularitas, Gibran muncul dengan anga tertinggi yaitu 90% pemilih yang mengenal namanya. Posisi kedua ditempati oleh Wakil Wali Kota Surakarta saat ini yaitu Achmad Purnomo dan posisi ketiga ditempati oleh Kaesang yang merupakan adik bungsu dari Gibran dengan popularitas mencapai 86 persen.

Walaupun unggul di popularitas, Gibran dan Kaesang masih tertinggal dari kategori akseptabilitas dan elektabilitas.

Untuk akseptabilitas, Achmad Purnomo berada di posisi pertama dengan 83 persen disusul oleh Gibran dengan 61 persen dan Teguh Prakosa yang merupakan Ketua DPRD Surakarta dengan 49 persen.

Untuk elektablitas sendiri, Achmad Purnomo berada di posisi pertama dengan 38 persen disusul oleh Gibran dengan 13 persen dan Teguh Prakosa dengan 11 persen.